5 Air Terjun di Lombok Timur dengan View Terbaik

Tidak hanya wisata pantai, Lombok juga memiliki berbagai potensi wisata lain yang sangat mengagumkan seperti air terjun. Bahkan, terdapat sejumlah air terjun di Lombok Timur yang wajib masuk ke dalam bucket list liburan Anda, seperti:

Air Terjun Bale Dalem

Air Terjun Bale Dalem merupakan salah satu tempat wisata yang baru ditemukan beberapa tahun terakhir. Tidak mengherankan jika tempat ini belum banyak diketahui dengan akses yang masih sangat terbatas. Kendati demikian, pesona keindahannya sangat menarik.

1. Lokasi

Bale Dalem merupakan salah satu air terjun yang ada di Desa Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya cukup terpencil dan berjarak sekitar 62 km arah timur laut dari pusat Kota Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

2. Keunikan

Lokasinya yang sangat terpencil menjadikan Air Terjun Bale Dalem ini masih sangat alami. Air terjunnya menjulang tinggi dengan aliran air yang deras dengan kolam alami berwarna biru kehijauan yang sangat jernih. Buat para pecinta fotografi, tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dan berbagai spot foto, baik di lokasi atau sepanjang perjalanan.

3. Akses

Perjalanan menuju ke air terjun ini merupakan pengalaman yang sangat menarik. Anda harus melintasi hutan, menyeberangi aliran sungai, dan melewati ladang milik penduduk sekitar. Untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 4-6 jam berjalan kaki.

4. Harga masuk

Tiket masuk di kawasan wisata ini masih cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000 per orang. Sementara untuk parkir mulai dari Rp15.000 (motor) dan Rp50.000 (mobil). Disediakan juga penyewaan tenda seharga Rp30.000 untuk kapasitas 2 orang.

Air Terjun Dewi Selendang

Air terjun Dewi Selendang menjadi salah satu destinasi air terjun di Lombok Timur yang wajib dikunjungi. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, air terjun ini juga memiliki legenda yang sangat menarik untuk diketahui.

1. Lokasi

Berlokasi di Desa Bilok Petung, Kabupaten Lombok Timur, air terjun ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan karena segarnya air dan khasiat yang dipercaya. Lokasinya berada di ujung utara Kecamatan Sembalun yang juga menawarkan wisata gunung hingga pantai.

2. Keunikan

Air terjun yang baru dibuka pada 2017 ini diyakini merupakan tempat pemandian Dewi Anjani beserta

dayangnya, yakni Dewi Komala Sari, Dewi Rengganis, Dewi Selendang, dan Dewi Cilinaya. Salah satu selendang dewi tersebut jatuh dan tertinggal mengikuti aliran air terjun sehingga tidak mengherankan jika air terjun ini dinamakan Air Terjun Dewi Selendang.

Selain itu, bagi masyarakat sekitar air terjun ini juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan menambah awet muda. Hal ini karena air terjun memiliki kandungan belerang yang berasal dari lereng Gunung Rinjani.

3. Akses

Kawasan wisata air terjun ini relatif mudah dijangkau. Dari pusat Kota Mataram membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan menuju ke Selong, ibukota Kabupaten Lombok Timur. Kemudian, ikuti jalan ke Kecamatan Sembalun melalui Aikmel.

Sesampainya di Sembalun, Anda dapat langsung menuju Dusun Sembalun Lawang dan dilanjutkan ke Dusun Bilok Petung. Setibanya di sana, Anda akan diarahkan untuk tracking sejauh kurang lebih 500 meter untuk sampai di lokasi air terjun.

4. Harga masuk

Harga tiket masuk Rp5.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir motor. Sementara untuk mobil Rp10.000. Tersedia juga jasa ojek PP yang tarifnya Rp15.000. Dikarenakan belum banyak tersedia warung, disarankan untuk membawa perbekalan secukupnya.

Air Terjun Jeruk Manis

Sebagai salah satu ikon air terjun di Lombok Timur, Air Terjun Jeruk Manis juga menawarkan destinasi wisata alam yang sangat mengagumkan. Lokasinya berada di kaki Gunung Rinjani yang sudah pasti menawarkan keajaiban alam yang eksotis.

1. Lokasi

Obyek wisata alam ini berada di sebelah Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Jarak dari Kota Mataram sekitar 50 kilometer atau dapat ditempuh dengan waktu 2-3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

2. Keunikan

Air terjun ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menarik, baik dari aneka tanaman liar yang cantik, namun juga banyak hewan seperti rusa atau kera. Air terjun ini juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama untuk kesuburan rambut.

3. Akses

Untuk mencapai lokasi wisata ini juga tidak terlalu sulit. Dari jalan raya, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km. Terdapat sekitar 180 anak tangga yang harus dilalui dengan dilanjutkan menyusuri jalan setapak. Perjalanan tidak akan terasa melelahkan karena berbagai pemandangan indah di sepanjang rutenya.

4. Harga masuk

Anda yang ingin berwisata ke air terjun ini akan dikenakan biaya tiket masuk Rp5.000 per orang dengan parkir mulai dari Rp5.000. Meskipun murah, sarana akomodasi yang tersedia cukup lengkap, mulai dari warung makan hingga homestay.

Air Terjun Mangku Kodek

Masih ada lagi air terjun di Lombok Timur yang memiliki pemandangan eksotis dan wajib Anda kunjungi, yakni Air Terjun Mangku Kodek. Air terjun ini menawarkan surga tersembunyi dengan tebing-tebing eksotis di kanan-kirinya.

1. Lokasi

Wisata eksotis ini berada di Jalan Raya Sembalun Lawang, Dusun Sajang, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 100 kilometer dari Kota Mataram yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

2. Keunikan

Uniknya, air terjun ini berada di dekat dua air terjun lain yang tidak kalah eksotis, yakni Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku Kuda Sembrani. Keunikan lainnya terletak pada pemandangan tebing yang menjulang di kanan-kiri aliran sungainya dengan air berwarna toska.

3. Akses

Untuk menuju ke kawasan wisata ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau trip paket wisata karena lokasinya cukup jauh. Setelah masuk ke Desa Sajang, Anda dapat menggunakan jasa ojek dengan jarak 4-5 kilometer atau sekitar 30 menit. Perjalanan belum selesai karena Anda masih harus melanjutkan tracking selama kurang lebih 20 menit.

4. Harga masuk

Adapun retribusi masuk ke kawasan air terjun ini hanya Rp5.000 per orang untuk tiga wisata air terjun sekaligus. Untuk menggunakan jasa antar, Anda perlu menyiapkan dana Rp50.000. Dikarenakan belum banyak fasilitas tersedia, Anda disarankan untuk membawa perbekalan.

Air Terjun Penimbungan Rinjani

Berkunjung ke kawasan Gunung Rinjani, rasanya tidak lengkap kalau tidak menikmati keindahan panorama Air Terjun Penimbungan yang menjadi salah satu air terjun di Lombok Timur dengan daya tarik tersendiri.

1. Lokasi

Air terjun setinggi kurang lebih 100 meter ini berada di lereng utara Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Berjarak tempuh sekitar 2 jam dari Dusun Torean, salah satu pintu masuk jalur pendakian ke Gunung Rinjani.

2. Keunikan

Debit air terjun ini relatif cukup deras dan bersumber dari Danau Segara Anak. Uniknya, aliran air terjun tersebut berwarna biru toska dan bisa menimbulkan kabut di bawahnya. Di sekitar air terjun terdapat tebing-tebing yang menjulang dengan medan yang sangat terjal.

3. Akses

Untuk menuju ke kawasan wisata ini, Anda dapat melewati Jalur Torean yang merupakan salah satu jalur ke Gunung Rinjani. Sebelumnya, Anda dapat menuju ke desa ini menggunakan kendaraan seperti L-300 dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan.

4. Harga masuk

Saat ini, harga tiket masuk ke air terjun Penimbungan masih gratis karena sudah termasuk ke dalam retribusi Taman Nasional Gunung Rinjani. Meski demikian, fasilitas yang tersedia juga masih sangat terbatas karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau.

Itulah beberapa rekomendasi wisata air terjun di Lombok Timur yang wajib masuk ke list liburan Anda. Semoga bisa menjadi referensi dan buat Anda yang ingin berwisata ke Lombok, pastikan mampir ke semua tempat eksotis tersebut, ya!

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan selama di Lombok, pilihlah jasa travel wisata terbaik Can Tours Lombok. Ada banyak paket wisata yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Hubungi kami sekarang untuk info lebih lanjut!

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.