Panduan Pergi Liburan ke Lombok

Lombok menjadi salah satu pulau tujuan wisata favorit para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Saat liburan ke Lombok, Anda bahkan akan menjumpai berbagai wisata yang menarik, baik wisata alam, budaya, hingga kuliner.

Kapan Waktu Terbaik ke Lombok?

Kalau Anda berencana liburan ke Lombok, ada baiknya tidak langsung memesan tiket tanpa adanya perencanaan waktu yang matang. Salah satunya dengan mempertimbangkan waktu-waktu terbaik untuk berkunjung. Berikut sejumlah rekomendasinya:

1. Bulan Juli-Agustus

Anda yang ingin menyaksikan momen romantis berupa sunset sangat disarankan untuk mengunjungi Lombok di bulan Juli hingga Agustus. Untuk menyaksikan pemandangan eksotis ini, Anda dapat mengunjungi Bukit Malimbu dan Gili Trawangan.

Bulan Juli-Agustus menjadi waktu yang tepat karena bertepatan dengan musim panas sehingga cuaca akan lebih cerah. Panorama sunset di tempat ini juga akan lebih indah dengan semburat cahaya kuning keemasan di langit barat Pulau Lombok.

2. Bulan November-April

Berlibur ke Pulau Lombok tidak lengkap rasanya kalau tidak bermain air dan menikmati suasana lautnya. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan yakni dengan berselancar (surfing). Untuk mendapatkan momen terbaik, datanglah pada bulan November-April.

Pada waktu-waktu ini, angin dan gelombang laut Lombok cenderung cukup besar sehingga Anda dapat memainkan ombak secara leluasa. Dengan demikian, aktivitas liburan ke Lombok juga akan semakin seru karena Anda dapat berselancar dengan lebih maksimal.

3. Saat bulan puasa

Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid karena di setiap sudutnya terdapat banyak masjid dan mayoritas penduduknya yang beragama Islam. Oleh karena itu, datang ke pulau tersebut saat bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu momen yang tepat.

Pada waktu tersebut, Anda akan menemukan sisi lain dari Lombok berupa aktivitas keagamaan hingga keanekaragaman kuliner khasnya. Buat Anda yang ingin backpacker-an, momen bulan puasa bisa menjadi penghematan berkat banyaknya takjil gratis.

Liburan di Lombok Kemana Aja?

Meskipun termasuk pulau yang relatif kecil, namun Lombok ternyata memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik. Tidak hanya wisata pantai dan laut, Lombok juga memiliki tempat wisata gunung, air terjun, taman, dan sebagainya. Contohnya saja sebagai berikut:

1. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Tidak afdol rasanya jika tidak mengunjungi trio gili yang paling terkenal saat berada di Lombok, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiganya menawarkan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, udara yang segar, serta berbagai wisata menarik lainnya.

2. Pantai Tangsi

Momen liburan ke Lombok tidak lengkap kalau tidak mengunjungi pantainya yang ikonik, salah satunya Pantai Tangsi. Pasir pantai ini berwarna pink sehingga memberikan daya tarik tersendiri. Berada di bagian selatan Lombok, sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Mataram.

3. Bukit Selong

Berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, di sini Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat cantik berupa bukit-bukit yang indah dengan hamparan sawah yang berwarna-warni layaknya permadani.

4. Air Terjun Madu

Tidak jauh dari Bukit Selong, jangan lupa menyambangi Air Terjun Madu yang tingginya mencapai 20 meter. Airnya sangat segar dengan warna biru kehijauan. Keindahan air terjun ini bahkan bisa dilihat dari kejauhan sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

5. Gunung Rinjani

Kalau Anda suka aktivitas naik gunung, jangan lewatkan untuk mendaki Gunung Rinjani sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Keindahan alam yang sangat eksotis di sekitar gunung akan memberikan pengalaman mendaki yang menakjubkan.

6. Air Terjun Tiu Kelep

Banyak orang menganggap bahwa Tiu Kelep menjadi air terjun paling romantis di Lombok. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan pasangan. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Lombok Utara.

7. Danau Segara Anak

Danau yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini menawarkan pemandangan eksotis dengan pengalaman wisata yang sangat menarik. Meskipun berada di ketinggian, Anda masih dapat memancing, berenang, bahkan berendam di air panas.

8. Lombok Wildfire Park

Cagar alam pertama di Lombok ini berada di Jl. Raya Tanjung Sire, Lombok Utara. Di sini, Anda bisa berwisata bersama dengan keluarga dan anak-anak karena ada lebih dari 100 satwa yang bisa diajak berinteraksi secara langsung.

9. Rumah Pohon Gangga

Saat liburan ke Lombok, jangan lupa mengeksplor tempat yang jarang diketahui, misalnya Rumah Pohon Gangga di Lombok Utara. Di sini, mata akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau dari ketinggian. Terdapat air terjun di dekat objek wisata ini yang sudah pasti akan menambah eksotisme Rumah Pohon Gangga.

10. Pantai Tanjung Aan

Jika hanya memiliki waktu sebentar di Lombok, Anda bisa mengunjungi Pantai Tanjung Aan yang hanya berjarak 15 menit dari Kota Mataram. Meski dekat, pemandangan alam di pantai ini sangat menakjubkan dengan pasir putih, air kebiruan, hingga bukit karang yang indah.

Tips untuk Liburan ke Lombok

Sebelum berwisata ke Pulau Lombok, tentu ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Entah berwisata sendirian, bersama teman atau pasangan, bahkan jika bersama keluarga. Setidaknya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Pastikan kembali itinerary Anda

Sebelum berlibur ke Lombok, pastikan Anda sudah membuat daftar rencana liburan, tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi, hingga biaya yang diperlukan selama berlibur. Daftar itinerary tersebut diharapkan mampu membuat liburan Anda lebih tertata, mulai dari keberangkatan hingga pulang dari berlibur.

2. Memastikan akomodasi selama liburan

Pastikan juga Anda memastikan akomodasi hingga rencana transportasi selama liburan ke Lombok. Tidak hanya soal penginapan selama di Lombok, namun juga pastikan Anda telah menyiapkan dana hingga rencana makan sewaktu berlibur di pulau ini.

Tentukan juga transportasi seperti apa yang akan Anda gunakan di lokasi wisata. Meskipun banyak warga Lombok yang memiliki persewaan motor atau sepeda, tidak ada salahnya menyiapkan budget atau perencanaan yang matang mengenai transportasi di sana.

3. Siapkan pakaian yang sesuai

Pastikan juga sudah menyiapkan pakaian yang sesuai untuk liburan. Misalnya saat berencana liburan ke gunung, siapkan pakaian yang tebal. Persiapan pakaian ini tentu akan sangat berbeda jika Anda memutuskan untuk berwisata ke daerah pantai.

4. Kunjungi Lombok di waktu yang tepat

Salah satu tips lain yang juga tidak kalah penting yakni mengunjungi Pulau Lombok di waktu yang tepat. Pasalnya, ada beberapa waktu tertentu yang pas untuk Anda datangi, misalnya di bulan Juli-Agustus jika ingin menyaksikan panorama sunset yang memesona.

Itulah beberapa tips penting sebelum Anda mengambil waktu liburan ke Lombok. Selain menyiapkan fisik dan biaya, pastikan juga hal-hal teknis lain harus dipersiapkan sehingga liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Untuk memperlancar rencana liburan Anda, memilih paket wisata terbaik dari Can Tours Lombok adalah solusinya. Tersedia banyak paket wisata menarik sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk rencanakan liburan yang menyenangkan bersama Can Tours!

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.