Wisata Halal Lombok: Destinasi Hingga Tempat Makan

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer bahkan sampai ke mancanegara, terlebih dengan adanya konsep wisata halal. Pemerintah membuat konsep wisata halal Lombok menjadi salah satu ide wisata yang berfokus untuk memfasilitas umat muslim untuk berwisata dengan tenang. Mulai dari destinasi wisata islami sampai dengan tempat makan halal yang bisa dikunjungi wisatawan muslim di pulau Lombok ini.

Apa yang Dimaksud dengan Pariwisata Halal?

Secara definisi pariwisata halal merupakan wisata yang mampu memberikan fasilitas bagi wisatawan muslim untuk bisa menunaikan kewajiban syariat. Jadi pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam sisi wisatanya, melainkan lebih kepada fasilitas yang disesuaikan dengan hukum dan nilai-nilai islami. Hal ini bisa didapatkan dengan adanya hotel yang halal, destinasi wisata islami, restoran halal, sampai dengan gaya hidup halal.

Pemberian fasilitas sendiri seperti misalnya ketersediaan Mushola dan juga tempat Wudhu menjadi poin penting pada setiap destinasi wisata. Ketika semua destinasi wisata sudah dilengkap dengan fasilitas ibadah dan juga makanan halal, maka destinasi tersebut bisa masuk pada kategori wisata halal. Tujuan awal ide wisata halal adalah untuk memenuhi pengalaman dan juga kebutuhan wisatawan muslim dalam menjalankan syariat.

Wisata halal sendiri tidak hanya diperuntukkan untuk wisatawan muslim saja, akan tetapi non muslim pun bisa menikmatinya. Selain dari destinasi wisata islami, wisata halal Lombok ini bisa dinikmati oleh umat non muslim untuk bisa mendapatkan ketenangan pada saat berwisata. Pada dasarnya halal itu adalah bersih, sehat, dan suci mulai dari makanan sampai hotel yang bisa saja dinikmati non muslim.

Konsep dari wisata halal ini pada dasarnya tidak ada paksaan, sehingga orang masih tetap bebas memilih setiap kebutuhan wisata. Jadi mulai dari tempat makan, hotel, dan lain sebagainya bisa dipilih secara bebas dari daftar yang sudah disediakan. Konsep ini pun menjelaskan bahwa wisata halal tidak bertentangan dengan wisata konvensional dan tidak akan mematikan wisata konvensional.

Destinasi Wisata Halal Lombok

Tahun 2015 lalu Lombok dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di ajang internasional di bidang pariwisata World Halal Summit 2015. Lombok menyabet 2 gelar juara yakni World’s Best Halal Honeymoon dan World’s Best Halal Tourism Destination pada ajang tersebut. Secara tidak langsung Lombok menjadi destinasi wisata halal terbaik pada 2 kategori di ajang internasional tersebut mengalahkan negara Islam dan negara maju.

Kemenangan tersebut membuat Lombok semakin populer di dunia sebagai destinasi wisata yang menarik termasuk untuk wisata halal. Lombok sendiri memiliki sebutan negeri seribu masjid karena sangat mudah untuk menemukan tempat ibadah umat muslim di sana. Beberapa di antaranya menjadi destinasi wisata halal Lombok yang bisa dikunjungi umat muslim, berikut ini beberapa di antaranya.

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB

Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB merupakan masjid paling megah yang ada di Lombok karena desainnya. Masjid ini bukan hanya dipergunakan sebagai tempat beribadah saja, akan tetapi juga dijadikan ikon wisata halal oleh pemerintah daerah. Masjid ini dibuka sejak tahun 2013 dan sampai saat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Masjid ini memiliki desain yang sangat megah dengan perpaduan warna hijau dan emas di luar serta langit-langit dengan sentuhan batik. Luas tanah masjid ini sekitar 74 sampai 75 meter dengan menara yang sangat tinggi yakni sekitar 114 meter. Pada malam hari masjid ini terlihat lebih indah dengan lampu di malam hari yang membuat masjid tersebut terasa menyala di kegelapan.

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan menjadi masjid yang menjadi situs bersejarah, karena diyakini masjid ini menjadi saksi bisu masuknya ajaran Islam di Lombok. Lokasinya ada di kecamatan Bayan kabupaten Lombok utara dengan luas sekitar 9×9 meter dengan desain yang sangat tradisional. Selain desain yang sangat tradisional, masjid ini dikelilingi pemakaman dari para penyebar agama Islam untuk kemudian menjadi tempat berziarah.

Makam Batu Layar

Makam Batu layar dipercaya sebagai pemakaman dari keturunan Nabi Muhammad SAW, sehingga ada banyak orang yang berziarah. Lokasi dari makam ini sendiri berada di utara kota Mataram dengan jarak sekitar 9 KM dan menjadi salah satu destinasi wisata halal Lombok favorit. Makam ini juga menjadi tempat acara lebaran Topat yang dilakukan pada 7 hari setelah perayaan Idul Fitri.

Masjid Kuno Gunung Pujut

Masjid Kuno Gunung Pujut merupakan masjid yang didirikan sekitar tahun 1008 Masehi oleh pangeran Sange Pati dan menjadi salah satu destinasi favorit. Masjid ini berada di desa Sengkol kecamatan Pujut Lombok Tengah dan hanya membutuhkan 20 menit perjalanan dari bandara. Masjid ini bisa dibilang sebagai salah satu monumen mati, karena sudah tidak digunakan untuk beribadah lagi.

Desa Wisata Setanggor

Desa wisata Setanggor merupakan desa yang ada di kecamatan Praya Barat dan lokasinya hanya berjarak 5 Km saja dari bandara. Wisatawan bisa berkunjung dan memancing ikan, selain itu wisatawan muslim bisa membaca Al Quran di tengah sawah. Desa ini masih sangat asri, sehingga memiliki udara yang sejuk dan juga suasana yang tenang dengan berbagai objek wisata seperti pertanian, peternakan, dan masih banyak lagi.

Daftar Kuliner Halal di Lombok

Suku Sasak sebagai suku asli Lombok memang mayoritas memeluk agama Islam, sehingga wajar ada banyak makanan halal di sana. Berikut daftar kuliner yang bisa dinikmati ketika mengikuti wisata halal Lombok.

Sate Rembiga

Sate Rembiga menjadi salah satu primadona kuliner di Lombok dan sudah sangat populer dan banyak diburu oleh wisatawan asing. Dominan rasa yang diberikan itu lebih pedas manis dengan rasa rempah yang mampu memberikan aroma yang khas dari masakan ini.

Nasi Balap Puyung

Jenis nasi ini kurang lebih sama seperti kalian membeli makanan Padang atau rames yang sudah cukup populer di Jawa.

Sayur Ares

Sayur Ares itu terbuat dari batang pisang yang masih muda dan juga lembut, dan banyak dipergunakan untuk beragam dan keperluan. Sayuran ini cukup menarik dan sampai saat ini masih banyak sekali orang meminta menu ini untuk mencicipi.

Tips Berwisata Islami di Lombok

Untuk kalian yang ingin melakukan wisata secara halal di Lombok ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu, berikut beberapa di antaranya.

  1. Pastikan dulu penginapan yang digunakan itu merupakan penginapan halal dan Syariah yang tentunya aman dan halal.
  2. Pastikan destinasi wisata yang menyediakan fasilitas ibadah seperti Mushola untuk memfasilitas umat muslim pada saat berlibur.
  3. Pastikan juga makanan yang halal, supaya kalian bisa mengikuti syariah Islam yang pasti bersih dan sehat.
  4. Mencari jasa tour yang memiliki kualitas terbaik untuk memudahkan wisata.

Siap untuk menjelajahi pesona wisata halal di Pulau Lombok? Dapatkan Paket Wisata Halal Lombok eksklusif Cantours!

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.